Wednesday 2 December 2009

Membuat Homepage Sederhana


A. Menentukan Perangkat Lunak untuk Membuat Homepage

Beberapa hal yang harus diperhatikan
· Tujuan dibuatnya homepage
· Siapa yang menjadi target untuk melihat homepage yang kita buat
· Klasifikasikan informasi yang akan ditampilkan dalam homepage
· Hasil klasifikasi tersebut akan mewakili satu halaman homepage
· Buat sebuah scenario dari setiap hasil klasifikasi tersebut

Terdapat 3 kriteria tools atau alat bantu yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan homepage, yaitu :
· HTML
· Graphics
· Multimedia animasi atau suara

1. Editor HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) digunakan untuk mendesign homepage dan komponen-komponennya, selain itu juga digunakan untuk menggabungkan gambar, suara dan animasi yang telah dibuat dalam suatu halaman homepage.
HTML merupakan bahasa markup sederhana yang digunakan untuk membuat dmokuen hypertext yang bersifat portable dari satu platform ke platform lain.
Untuk pengembangan homepage, kita akan menggunakan salah satu produk Microsoft sebagai HTML yaiu Microsoft FrontPage XP.

2. Editor Graphics
Editor grafis digunakan untuk mengedit gambar yabg akan ditampilkan pada homepage. Terdapat beberapa editor grafik yang sering digunakandan populer yaitu CorelDRAW dan Adobe Photoshop.
Image editor disebut juga aplikasi Image editing. Image editing digunakan untuk menciptakan dan menampilkan file-file gambar komputer.

3. Editor Multimedia animasi dan suara
Editor Multimedia digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Terdapat suatu editor animasi yang paling populer, yaitu Macromedia Flash, dengan menggunakan editor Macromedia Flash animasi yang rumit dapat dikerjakan dan hasilnya sangat baik.


B. B. Membuat Layout Homepage yang diinginkan

Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan.
Untuk melihat dan memilih jenis layout yang tersedia dalam Microsoft frontPage XP, dapat dilakukan pada saat akan membuat halaman atau website baru.


C. C. Menerapkan Hyperlink

Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage. Hyperlink diperlukan karena terdapat banyak informasi yang tidak dapat dijelaskan dalam satu halaman homepage secara keseluruhan. Link istilah singkat untuk hyperlink, merupakan serangkaian teks atau gambar yang terhubung dengan file atau halaman lain dalam satu atau beberapa dokumen. Tag merupakan elemen dalam HTML yang merupakan perintah kepada web browser untuk menampilkan teks, gambar, atau link. Tag dimulai dengan karakter .


D. D. Menerapkan Cascading Style Sheet

Microsoft FrontPage sudah menyediakan Cascading Style Sheet (CSS).
Fungsi utama dari CSS adalah untuk melakukan pengaturan beberapa format :
· Bentuk huruf
· Ukuran huruf
· Format huruf
· Warna huruf
· Warna background
· Warna hyperlink
· Format texbox
Style sheet merupakan file atau format yang menentukan layout dari sebuah dokumen. Style sheet biasanya disebut juga template. CSS merupakan sebuah file yang berisi sekumpulan perintah untuk memformat bagaimana sebuah halaman web ditampilkan oleh web browser. CSS merupakan rujukan format tampilan halaman web. Head merupakan elemen HTML yang berisi informasi umum mengenai dokumen atau disebut juga meta-information. Meta berarti “informasi tentang”. Metadata adalah informasi tentang data, sedangkan meta-informasi berarti informasi tentang informasi. Tittle merupakan bagian dari head HTML yang berisi teks, digunakan untuk mendefinisikan judul sebuah halaman web yang akan ditampilkan pada tittle bar web browser.


E. E. Membuat aplikasi dalam sistem yang terintegrasi

1. Membuat aplikasi terintegrasi dengan Microsoft FronyPage
Fungsi homepage
· Menampilkan berita kegiatan terbaru
· Menampilkan jadwal

2. Menentukan Directory Lokasi Kerja
Directory tempat kita menyimpan file-file hasil kerja juga harus dipersiapkan dengan baik dan terorganisir. Web browser merupakan paket software yang membantu pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen yang tersimpan pada web browser. Web browser merupakan komputer yang bertugas melayani permintaan halaman web.


F. F. Membuat grafis sesuai dengan Homepage yang diinginkan

Internet explorer, disingkat IE atau MSIE, merupakan sebuah web browser yang bersifat gratis dari Microsoft. Mozilla Firefox, yang aslinya bernama Phoenic dan kemudian untuk beberapa waktu dikenal dengan Mozilla Firebird, merupakan penjelajah web antar – platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla.


G. G. Mendaftarkan alamat Domain ke Provider web Hosting

Untuk mempublikasikan homepage yang telah dibuat melalui internet kita perlu mempunyai alamat di Internet yang disebut domain. Untuk pencarian nama domain, saat ini sudah banyak web hosting yang mempunyai kemampuan untuk itu, lebih baik hosting lokal maupun internasional. Akan tetapi yang paling lengkap, yaitu : http ://www.internic.com dan http://www.register.com
World Wide Web Consortium (W3C) mengembangkan teknologi (spesifik, petunjuk – guide line, software, dan tool) yang dapat dioperasikan pada platform manapun. Website copier merupakan aplikasi yang digunakan untuk meng-copy sebuah website dari internet ke dalam hardisk.


H. H. Melakukan Upload

Download merupakan proses meng-copy file dari komputer remote ke komputer lokal. Biasanya menggunakan jalur (protocol) HTTP, FTP, dan protocol lainnya. Upload merupakan proses meng-copy file dari komputer lokal ke komputer remote. Biasanya menggunakan jalur (protocol) HTTP, FTP, dan protocol lainnya. Upload merupakan kebalikan dari download.




I. I. Memperbaiki dan merevisi data yang sudah ada

User ID merupakan nama unik yang digunakan untuk mengakses sebuah sistem komputer. User ID dan password diperlukan dalam sistem multiuser yang memungkinkan para pengguna memilih user ID dan passwordnya sendiri. Password merupakan kata sandi untuk memverifikasi sebuah user ID senelum log in kedalam sistem komputer multiuser. Berbeda dengan user ID, password tidak bersifat unik dan biasanya diizinkan menggunakan karakter-karakter khusus yang tidak terdapat pada keyboard.

0 comments:

Post a Comment

 

PROJECT Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino | Distributed by Deluxe Templates